Jumat, 28 Mei 2010

tekhnologi hologram

HOLOGRAM TEKHNOLOGI

KOMUNIKASI DAN INFORMASI TERBARU


Pernah melihat 3D Hologram dalam film-film hollywood, saat ini teknologi tersebut bisa kita gunakan tidak hanya di film. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi komunikasi yang sudah semakin canggih. Berbagai kebutuhan manusia menuntut adanya perubahan teknologi yang bisa menunjang kehidupan manusia itu sendiri. Kepraktisan mungkin merupakan kunci utamanya. 3D Hologram merupakan teknologi komunikasi yang tergolong baru kehadirannya bagi masyarat dunia. Fungsi 3D Hologram. 3D Hologram mampu digunakan untuk mengirim atau menghadirkan suatu benda atau pun manusia tanpa harus didatangkan secara langsung. Benda atau manusia yang dihadirkan pun dalam bentuk 3D, sehingga terlihat nyata. Prinsipnya adalah dengan merekam apa yang ingin kita sampaikan, lalu diolah dengan menggunakan teknologi hologram ini. Setelah pengolahan data terjadi, benda atau apapun yang kita rekam itu mampu kita hadirkan tanpa harus dihadiri langsung oleh benda atau manusia yang bersangkutan.
Hal ini pernah digunakan oleh Pangeran Charles saat memberikan ceramah pada sebuah konferensi. Pangeran menghadirinya dengan menggunakan teknologi 3D Hologram ini. Teknologi 3D Hologram ini dibuat oleh perusahaan Musion System yang dimotori oleh Ian O'Connell di Inggris. Beberapa perusahaan seperti Adidas, Honda, Nokia, Tata Nano, Al Gore, Sir Alex Ferguson juga mulai melirik teknologi ini dan menggunakan jasanya.
Teknologi 3D Hologram ini sangat membantu berbagai kebutuhan manusia di zaman sekarang. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi bisa teratasi dengan teknologi komunikasi ini. Contohnya saja adalah Pangeran Charles. Sebagai pangeran mungkin dia memiliki banyak kesibukan, namun dengan 3D Hologram ini dia bisa menghadiri konferensi tanpa harus hadir langsung ke tempat yang bersangkutan. Di Korea, teknologi ini juga digunakan sebagai cara sebuah pemilik toko menarik perhatian pembelinya. Dengan menggunakan ini, pemilik toko memasang seorang wanita yang mengisi display toko mereka. Hal ini mungkin bisa digolongkan langka di Indonesia.
Di dunia kesehatan pun, teknologi ini bisa digunakan untuk mengecek keseluruhan kesehatan pasien tanpa sang pasien harus bersusah payah datang langsung ke rumah sakit. 3D Hologram ini idenya mungkin sama dengan 3G dan webcam, namun kelebihan yang mencolok adalah bentuk 3D yang dihadirkannya. Bisa berinteraksi sudah dapat dipastikan iya, karena itulah fungsi utamanya. Teknologi ini juga bisa digunakan untuk mengobati rasa kangen keluarga kepada anggota keluarga lain yang berada jauh dari mereka. Dengan menggunakannya, anggota keluarga bisa hadir di tengah keluarga, mengobati rasa kangen, tanpa harus repot-repot datang. Dalam dunia pendidikan hal ini juga sangat membantu. Jika zaman dahulu setiap siswa dan guru harus hadir dalam satu ruangan yang sama agar bisa bertatap muka langsung, tapi tidak dengan teknologi ini. Tanpa hadir pada satu ruangan yang sama, proses belajar pun tetap bisa berlangsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar